Show simple item record

dc.contributor.authorHutagalung, Kiki Rud
dc.date.accessioned2018-11-15T05:21:35Z
dc.date.available2018-11-15T05:21:35Z
dc.date.issued2018-09-15
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1622
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) efektif Terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa Pada Materi Peluang Kelas XI SMA Swasta Advent Simbolon T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian analisis deskriptif, dengan teknik Clustser Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (XI Mipa-1). Instrumen yang digunakan adalah post test dari hasil belajar yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi keterampilan Guru menajar dan waktu. Dari uji post test dilihat dari kesesuaian tingkat pembelajaran Daya serapperseorangan. Seorang peserta didik telah tuntas dalam belajar bila ia telah mencapai skor ≥ 70% atau nilai ≥ 70. Dilihat dari hasil belajar siswa; Dayaserap klasikal. Suatu kelas dinyatakan telah tuntas belajar apabila kelas tersebut telah terdapat ≥ 80% namun siswa yang hanya mencapai nilai ≥ 70 karena rata – rata post test penalaran 86,6 dan komunikasi rata – rata 73,3 maka kesesuaian tingkat pembelajaran tidak efektif. Dari analisis tingkat kemampuan guru data observasi terhadap hasil perhitungan observasi diperoleh hasil dari semua observasi rata – rata 4 yang berarti dalam kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran sudah efektif. Data pengamatan terhadap hasil perhitungan observasi diperoleh hasil rata – rata penilaian oleh dua obsevator. Pada pertemuan 1, 2 dan 3 diperoleh rata – rata pengamatan 2,6 hasil pengamatan dalam kategori kurang baik. Dari hasil observasi waktu diperoleh hasil dari semua observasi dalam kategori kurang baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tidak efektif artinya Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Tidak Efektif Terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswaen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Cooperative Learningen_US
dc.subjectStudent Teams Achievement Division (STAD) efektif Terhadap Kemampuan Penalaranen_US
dc.subjectdan Komunikasi Matematikaen_US
dc.titleEfektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa Pada Materi Peluang Kelas XI SMA Swasta Advent Simbolon T.P. 2018/2019en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record