PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DALAM MENGGUNAKAN JASAOJEK ONLINE PT.GRAB (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN)
Abstract
Grabmerupakansalahsatuperusahaan yang mudahbergantipelanggan, Grab menjadisaranatransportasi yang tepatbagisemua orang yang inginberpergiankemanasaja.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhHarga Dan PromosiTerhadapLoyalitasPelangganDalamMenggunakanJasaOjek Online PT. Grab (StudiKasusPadaMahasiswaFakultasEkonomiUniversitas HKBP Nommensen)”.Metodeanalisis data yang digunakanadalahmetodedeskripstif, ujiAsumsiklasik yang terdiridariujinormalitas, ujiheterokedastisitas, danujimultikolinieritas,uji liner berganda, yang terdiriuji-t, uji-f, dankoefisiendeterminasi (R²). Jumlah sampel yang ditetapkandalam penelitianiniadalahsebanyak 60 respondendengan menggunakan metode purposive sampling teknikpengumpulan data dilakukan observasi, wawancara, danpenyebarankousionerberdasarkanhasil penelitiandariujiregresi linier bergandadiperolehY=4,157+0,416X1+0,484X2+ԑdenganhasilujiparsial (uji-t) variabelhargadiperolehthitung<ttabel (0,451 <2,002) yang artinyahargasecaraparsialpositifberpengaruhdansignifikanterhadaployalitaspelanggansedangkanvariabelpromosidiperolehthitung<ttabel(0,398 > 2,002) yang artinyapromosisecaraparsialberpengaruhpositifterhadaployalitaspelanggan.
Melaluiujisimultan (Uji-f) yang diperolehfhitung>ftabel(45,579) positifsehinggavariabelhargadanpromosisecarabersama-samaberpengaruhpositifdansignifikanterhadaployalitas pelanggan. Dari hasilanalisiskoefisiendeterminasidiperolehnilai R² sebesar 0,784 yang berartivariabelterikatyaituloyalitaspelanggandapatdijelaskanolehvariabelbebasyaituhargadanpromosisebesar78,4% sedangkansisanyasebesar 21,6 % dijelaskanolehvariabel lain yang tidakdimasukkandalam model penelitianini.
Collections
- Manajemen [1151]