dc.description.abstract | komunikasi siswa yang diajarkandengan menggunakan model pembelajaran resouche based learning, problem based learning, dan konvensional di kelas VIII SMP Masehi Biru-biru T.A 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Masehi Biru-biru, dan dipilih tigakelas yang menjadi sampel, yaitu : kelasVIII 1 sebagai kelas eksperimen 1 diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning, kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen 2 diajarkan denganResouche Based Learning, dankelas VIII 3sebagai kelas kontrol diajarkan dengan konvensional. Dari hasil analisis data diperoleh skorrata-rata yang diajarkan dengan Model pembelajaran Problem Based Learning adalah 77,8, skor rata-rata yang diajarkan dengan resouche Based learning adalah 50,6 dan skor rata-rata yang diajarkan dengan konvensional adalah 37,4.
Hasil perhitungan dengan menggunakan uji analisis varians diperoleh F_hitung = 84 dan 〖 F〗_tabel= 3,11. Ternyata 〖 F〗_hitung>〖 F〗_tabel sehingga H0 ditolak yang berarti ada perbedaan dari ketiga sampel tersebut. Karena H0 ditolak, maka dilanjut ke uji tukey. Dari perhitungan, diperoleh nilai Q_A = 14,83 dan 〖 Q〗_tabel=3,55 sehingga〖 Q〗_A>〖 Q〗_tabel, maka H0 ditolak yang berarti kelas eksperimen 1 lebih baik dari pada kelas eksperimen 2, nilai Q_B = 22,04 dan 〖 Q〗_tabel=3,55 , sehingga 〖 Q〗_B>〖 Q〗_tabel, maka H0 ditolak yang berarti kelas eksperimen 1 lebih baik dari pada kelas kontrol, dan nilai Q_C = = 7,2 dan 〖 Q〗_tabel=3,55 sehingga〖 Q〗_C>〖 Q〗_tabel, maka H0 ditolak yang berarti kelas eksperimen 2 lebih baik dari pada kelas kontrol.Berdasarkan pengujian tukey, maka dapat disimpulkan ada perbedaan yang berarti antara kemampuan komunikasi siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning, resouche based learning, dan konvensionaldi kelas VIII SMP Masehi Biru-biru T.A 2017/2018 | en_US |