dc.description.abstract | Penelitianinibertujuanuntuk mengetahui apakahada pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan Bantuan Peta KonsepTerhadap Kemampuan komunikasidanpemecahanmasalahsiswapadamateriAritmetikaSosial di SMP Swasta HKBP SimantinPanei T.A 2017/2018.
JenispenelitianiniadalahjenispenelitianEkseperimen.PopulasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVII SMP SMPSwasta HKBP SimantinPaneidan yang menjadisampelpenelitianiniadalahsiswakelas VII-2 sebanyak 28 orang.Instrumen yang digunakanadalahteshasilbelajarsiswadenganbentuk essay yang telahdilakukanujivaliditasi instrument.
Berdasarkandarihasilanalisis data yang telahdilakukandiperolehnilai rata-rata observasisiswadaripembelajarandengan model pembelajaranStudent Facilitator and Explaining (SFE) denganbantuanpetakonsep 70,38 dansimpanganbaku 14,10 artinyapembelajarandenganmenggunakan model pembelajaranStudent Facilitator and Explaining (SFE) denganbantuanpetakonseptermasukkategoribaik. Sedangkanuntuknilai post-test padakemampuankomunikasisiswamenunjukkanangka rata-rata yaitu 76,28 dansimpanganbaku 12,37 artinyakemampuankomunikasisiswatermasukkategoribaik.Hasilpenelitian yang diperolehmenunjukkanpersamaanregresisederhana yang di perolehadalahY ̂=16,2101+0,8535. Padapersamaantersebutkoefisienarahregresi linier b = 0,8535 bertandapositifartinya, kemampuankomunikasisiswaakanmeningkat 0,8535 jika model pembelajaranStudent Facilitator and Explaining (SFE) meningkatsebesarsatusatuan.Dari ujikelinieranregresidiperolehF_hitung=2,1242<F_tabel=2,98 artinya terdapat hubungan yang linier danberartiantara model pembelajaranStudent Facilitator and Explaining (SFE) denganbantuanpetakonsepterhadapkemampuankomunikasisiswa. Nilaikoefisienkorelasir_xy=0.9747 artinya, terdapat hubungan yang sangatkuatantara model pembelajaranStudent Facilitator and Explaining (SFE) terhadapkemampuankomunikasisiswa. Dari ujikeberartiankoefisienkorelasidiperoleht_hitung>t_tabel yaitu 22,23>1,70562 artinya ada hubungan yang kuat dan berarti antara model pembelajaranStudent Facilitator and Explaining (SFE) terhadapkemampuankomunikasisiswa. Nilaikoefisiendeterminasir^2=0,95 atau 95% artinya model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) mempengaruhikemampuankomunikasisiswasebesar 95% danselebihnyadipengaruhiolehfaktor lain. Berdasarkandarihasilanalisis data yang telahdilakukanpadakemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswadiperolehnilai rata-rata observasisiswadaripembelajarandengan model pembelajaranStudent Facilitator and Explaining (SFE) denganbantuanpetakonsep 70,38 dansimpanganbaku 14,10 artinyapembelajarandenganmenggunakan model pembelajaranStudent Facilitator and Explaining (SFE) denganbantuanpetakonseptermasukkategoribaik.Sedangkanuntuknilai post-test padakemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswamenunjukkanangka rata-rata yaitu 72,42dansimpanganbaku 12,31 artinyakemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswatermasukkategoribaik. Hasilpenelitian yang diperolehmenunjukkanpersamaanregresisederhana yang di perolehadalahY ̂=12,76+0,8476XPada persamaan tersebut koefisien arah regresi linier b = 0,8476 bertandapositifartinya, kemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswaakanmeningkat 0,8476 jika model pembelajaranStudent Facilitator and Explaining (SFE) meningkatsebesarsatusatuan.Dari ujikelinieranregresidiperolehF_hitung<F_tabel atau 2,89<2,98 artinyaterdapathubungan yang linier danberartiantara model Student Facilitator and Explaining (SFE) denganbantuanpetakonsepterhadapkemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswa.Nilaikoefisienkorelasir_xy=0.93 artinya, terdapat hubungan yang sangatkuatantara model pembelajaranStudent Facilitator and Explaining (SFE) terhadapkemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswa. Dari ujikeberartiankoefisienkorelasidiperoleht_hitung>t_tabel yaitu 21,5>1,70562 artinya ada hubungan yang kuat dan berarti antara model pemebelajaranStudent Facilitator and Explaining (SFE) terhadapkemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswa. Nilaikoefisiendeterminasir^2=0,93 atau 93% artinya model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) mempengaruhikemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswasebesar 95% danselebihnyadipengaruhiolehfaktor lain. Sehinggadiharapkan, model pembelajaranstudent facilitator and explaining (SFE) denganbantuanpetakonsepsebagaisalahsatualternatifuntukmeningkatkankemampuankomunikasisiswadanpemecahanmasalahmatematikasiswa. | en_US |