PENGARUH PARENTAL PRESSURE TERHADAP SELF- REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI DI KOTA MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Parental Pressure Terhadap Self- Regulated Learning Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi Di Kota Medan. Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengaruh parental pressure terhadap self-regulated learning pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Kota Medan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan parental pressure terhadap self-regulated learning dengan nilai R Square sebesar 0,662, yang berarti 66,2% variasi self-regulated learning dapat dijelaskan oleh parental pressure, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji t menunjukkan nilai t hitung sebesar 26,931 dengan signifikansi 0,000 (p < 0,05), sehingga pengaruh parental pressure terhadap kemampuan mahasiswa dalam mengatur proses belajar mandiri selama mengerjakan skripsi adalah signifikan.
Collections
- Ilmu Psikologi [328]