dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap minat belajar siswa pada materi fungsi kuadrat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 14 Medan dengan sampel terdiri dari 36 siswa. Instrumen yang digunakan peneliti berupa angket minat belajar dan observasi pembelajaran. Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil bahwa ada pengaruh signifikan model pembelajaran PBL terhadap minat belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana diperoleh persamaan regresi Ŷ = 6,265 + 1,180X dengan nilai t hitung sebesar 33,616 dan t tabel sebesar 2,032, yang mengindikasikan bahwa hubungan antara variabel bebas (model PBL) dan variabel terikat (minat belajar siswa) bersifat positif dan signifikan. Selain itu, hasil uji keberartian regresi menunjukkan bahwa F hitung sebesar 1130 lebih besar dari F tabel sebesar 4,13 pada taraf signifikansi 5%, yang berarti model regresi yang dibangun layak digunakan untuk memprediksi minat belajar siswa. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,971 menunjukkan bahwa sebesar 97,1% variasi dalam minat belajar siswa dapat dijelaskan oleh penerapan model pembelajaran PBL. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model PBL memiliki pengaruh yang sangat besar dan signifikan terhadap peningkatan minat belajar siswa dalam materi fungsi kuadrat. | en_US |