• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Jurusan Perhotelan Smk Negeri 8 Medan

    Thumbnail
    View/Open
    Ernike Selviana Damanik.pdf (332.0Kb)
    Date
    2025-09
    Author
    Damanik, Ernike Selviana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadao hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kela XI Jurusan Perhotelan SMK Negeri 8 Medan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ekonomi, khususnya pada materi kewirausahaan. Model pembelajaran CTL dirancang untuk mengaitkan materi ajar dengan konteks kehidupan nyata siswa guna meningkatkan pemahaman konsep secara lebih bermakna. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimental jenis One Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada skor posttest dibandingkan pretest. Rata-rata hasil posttest siswa lebih tinggi dibanding hasil pretest. Uji t menunjukkan bahwa thitung = 8.359 > ttabel = 2.040, sehingga hipotesis alternatif diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/12507
    Collections
    • Pendidikan Ekonomi [289]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback