Show simple item record

dc.contributor.authorDamanik, Ernike Selviana
dc.date.accessioned2025-09-18T01:52:01Z
dc.date.available2025-09-18T01:52:01Z
dc.date.issued2025-09
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/12507
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadao hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kela XI Jurusan Perhotelan SMK Negeri 8 Medan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ekonomi, khususnya pada materi kewirausahaan. Model pembelajaran CTL dirancang untuk mengaitkan materi ajar dengan konteks kehidupan nyata siswa guna meningkatkan pemahaman konsep secara lebih bermakna. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimental jenis One Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada skor posttest dibandingkan pretest. Rata-rata hasil posttest siswa lebih tinggi dibanding hasil pretest. Uji t menunjukkan bahwa thitung = 8.359 > ttabel = 2.040, sehingga hipotesis alternatif diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa.en_US
dc.subjectContextual Teaching and Learning (CTL),en_US
dc.subjectHasil Belajar,en_US
dc.subjectPembelajaran Ekonomi,en_US
dc.subjectKewirausahaan.en_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Jurusan Perhotelan Smk Negeri 8 Medanen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record