dc.contributor.author | Damanik, Ernike Selviana | |
dc.date.accessioned | 2025-09-18T01:52:01Z | |
dc.date.available | 2025-09-18T01:52:01Z | |
dc.date.issued | 2025-09 | |
dc.identifier.uri | https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/12507 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadao hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kela XI Jurusan Perhotelan SMK Negeri 8 Medan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ekonomi, khususnya pada materi kewirausahaan. Model pembelajaran CTL dirancang untuk mengaitkan materi ajar dengan konteks kehidupan nyata siswa guna meningkatkan pemahaman konsep secara lebih bermakna. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimental jenis One Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada skor posttest dibandingkan pretest. Rata-rata hasil posttest siswa lebih tinggi dibanding hasil pretest. Uji t menunjukkan bahwa thitung = 8.359 > ttabel = 2.040, sehingga hipotesis alternatif diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa. | en_US |
dc.subject | Contextual Teaching and Learning (CTL), | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar, | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Ekonomi, | en_US |
dc.subject | Kewirausahaan. | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Jurusan Perhotelan Smk Negeri 8 Medan | en_US |