• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    • Ilmu Administrasi Negara
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    • Ilmu Administrasi Negara
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Timur

    Thumbnail
    View/Open
    Yuni Karlina Gea.pdf (6.261Mb)
    Date
    2025-07
    Author
    Gea, Yuni Karlina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan publik (Bukti Fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan dan Empati) terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Timur. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak Orang Pribadi Lapor SPT. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non-probability sampling untuk mengumpulkan sampel dan menghasilkan 100 Responden. Hasil penelitian analisis deskriptif tentang variabel kualitas pelayanan dari Zeithhaml, Parasurman, Berry yaitu bukti fisik (x1), keandalan (x2), daya tanggap (x3), jaminan (x4), dan empati (x5). berdasarkan analisis regresi linear berganda di dapatkan hasil y=1.113-0,037x1+0,960x2+0,195x3+0,210x4-0,156x5 yang artinya apabila variabel bukti fisik (x1), keandalan (x2), daya tanggap (x3), jaminan (x4), dan empati (x5) adalah 0, maka kepatuhan wajib pajak akan tetap sebesar 1,113. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh nilai thitung pada Variabel Bukti Fisik (X1) sebesar -0,963 < ttabel 1,984 dengan nilai signifikansi adalah 0,338 > 0,05. Variabel Keandalan (X2) sebesar 6,903 > dari ttabel 1,984 dengan nilai signifikansi adalah 0,000 <0,05. Variabel Daya Tanggap (X3) sebesar 2,251 > ttabel 1,984 dengan nilai signifikansi adalah 0,027 < 0,05. Variabel Jaminan (X4) sebesar 1,960 < ttabel 1,984 dengan nilai signifikansi adalah 0,053 > 0,05. Variabel Empati (X5) sebesar -1,100 < ttabel 1,984 dengan nilai signifikansi adalah 0,274 > 0,05. Maka dapat disimpulkan variabel keandalan (x2) dan variabel Daya Tanggap (x3) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepatuhan wajib pajak. Sedangkan variabel Bukti Fisik, Empati, Jaminan tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepatuhan wajib pajak. Dan uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 89,131 dan F tabel yaitu 2,31. Beserta nilai signifikan adalah 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel bukti fisik (x1), keandalan (x2), daya tanggap (x3), jaminan (x4), dan empati (x5) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Medan Timur. Hasil koefisien determinasi R2 sebesar 0,826 menunjukkan bahwa variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati terhadap kepatuhan wajib pajak sebesar 82,6% sedangkan sisanya sebesar 17,4% di pengaruhi oleh variabel lain diluar dari variabel penelitian ini.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/12406
    Collections
    • Ilmu Administrasi Negara [306]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback