Show simple item record

dc.contributor.authorGea, Yuni Karlina
dc.date.accessioned2025-07-09T03:33:21Z
dc.date.available2025-07-09T03:33:21Z
dc.date.issued2025-07
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/12406
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan publik (Bukti Fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan dan Empati) terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Timur. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak Orang Pribadi Lapor SPT. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non-probability sampling untuk mengumpulkan sampel dan menghasilkan 100 Responden. Hasil penelitian analisis deskriptif tentang variabel kualitas pelayanan dari Zeithhaml, Parasurman, Berry yaitu bukti fisik (x1), keandalan (x2), daya tanggap (x3), jaminan (x4), dan empati (x5). berdasarkan analisis regresi linear berganda di dapatkan hasil y=1.113-0,037x1+0,960x2+0,195x3+0,210x4-0,156x5 yang artinya apabila variabel bukti fisik (x1), keandalan (x2), daya tanggap (x3), jaminan (x4), dan empati (x5) adalah 0, maka kepatuhan wajib pajak akan tetap sebesar 1,113. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh nilai thitung pada Variabel Bukti Fisik (X1) sebesar -0,963 < ttabel 1,984 dengan nilai signifikansi adalah 0,338 > 0,05. Variabel Keandalan (X2) sebesar 6,903 > dari ttabel 1,984 dengan nilai signifikansi adalah 0,000 <0,05. Variabel Daya Tanggap (X3) sebesar 2,251 > ttabel 1,984 dengan nilai signifikansi adalah 0,027 < 0,05. Variabel Jaminan (X4) sebesar 1,960 < ttabel 1,984 dengan nilai signifikansi adalah 0,053 > 0,05. Variabel Empati (X5) sebesar -1,100 < ttabel 1,984 dengan nilai signifikansi adalah 0,274 > 0,05. Maka dapat disimpulkan variabel keandalan (x2) dan variabel Daya Tanggap (x3) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepatuhan wajib pajak. Sedangkan variabel Bukti Fisik, Empati, Jaminan tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepatuhan wajib pajak. Dan uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 89,131 dan F tabel yaitu 2,31. Beserta nilai signifikan adalah 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel bukti fisik (x1), keandalan (x2), daya tanggap (x3), jaminan (x4), dan empati (x5) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Medan Timur. Hasil koefisien determinasi R2 sebesar 0,826 menunjukkan bahwa variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati terhadap kepatuhan wajib pajak sebesar 82,6% sedangkan sisanya sebesar 17,4% di pengaruhi oleh variabel lain diluar dari variabel penelitian ini.en_US
dc.subjectPelayanan Publik,en_US
dc.subjectKualitas Pelayanan,en_US
dc.subjectKepatuhan Wajib Pajaken_US
dc.titlePengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Timuren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record