• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    • Ilmu Administrasi Niaga
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    • Ilmu Administrasi Niaga
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH FINANCIAL KNOWLEDGE DAN SOCIALIZATION AGENTS TERHADAP FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR PADA MAHASISWA UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN

    Thumbnail
    View/Open
    Wahyu K. Pardede.pdf (4.187Mb)
    Date
    2025-07
    Author
    Pardede, Wahyu K.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial Knowledge dan Socialization Agents terhadap Management Behavior pada mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah populasi 5.270 orang dan jumlah sampel 98 responden. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah uji instrument yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas, uji analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis yang terdiri dari uji-t, uji-F dan koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa finansial knowledge berpengaruh positif dan signifikan terhadap management behavior, hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung (4.754) > ttabel (1,661) dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Socialization agents berpengaruh positif dan signifikan terhadap management behavior, hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung (4.859) ttabel (1,661) dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Secara simultan didapatkan bahwa pengaruh financial Knowledge dan Socialization Agents berpengaruh positif dan signifikan terhadap management behavior, hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung (11.733) > Ftabel (3,09) dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,200 artinya bahwa variabel management behavior mampu dijelaskan oleh financial Knowledge dan Socialization Agents sebesar 20,0%. Sedangkan sisanya 80,0% dijelaskan oleh variabel lain diluar dari penelitian ini seperti finansial attitude, finansial self-efficacy dan lain-lainnya. Peneliti menyarankan pengelolaan keuangan di kalangan mahasiswa dapat lebih baik, serta pemahaman dan kesadaran akan pentingnya literasi keuangan semakin berkembang, baik pada tingkat individu maupun masyarakat. Perlu dilakukan peran agen sosialisasi dalam pembentukan perilaku keuangan mahasiswa dan pengembangan program edukasi keuangan untuk mahasiswa dapat membantu mereka dalam membuat keputusan finansial yang lebih baik di masa depan.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/12335
    Collections
    • Ilmu Administrasi Niaga [242]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback