Show simple item record

dc.contributor.authorPardede, Wahyu K.
dc.date.accessioned2025-07-04T09:17:00Z
dc.date.available2025-07-04T09:17:00Z
dc.date.issued2025-07
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/12335
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial Knowledge dan Socialization Agents terhadap Management Behavior pada mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah populasi 5.270 orang dan jumlah sampel 98 responden. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah uji instrument yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas, uji analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis yang terdiri dari uji-t, uji-F dan koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa finansial knowledge berpengaruh positif dan signifikan terhadap management behavior, hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung (4.754) > ttabel (1,661) dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Socialization agents berpengaruh positif dan signifikan terhadap management behavior, hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung (4.859) ttabel (1,661) dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Secara simultan didapatkan bahwa pengaruh financial Knowledge dan Socialization Agents berpengaruh positif dan signifikan terhadap management behavior, hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung (11.733) > Ftabel (3,09) dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,200 artinya bahwa variabel management behavior mampu dijelaskan oleh financial Knowledge dan Socialization Agents sebesar 20,0%. Sedangkan sisanya 80,0% dijelaskan oleh variabel lain diluar dari penelitian ini seperti finansial attitude, finansial self-efficacy dan lain-lainnya. Peneliti menyarankan pengelolaan keuangan di kalangan mahasiswa dapat lebih baik, serta pemahaman dan kesadaran akan pentingnya literasi keuangan semakin berkembang, baik pada tingkat individu maupun masyarakat. Perlu dilakukan peran agen sosialisasi dalam pembentukan perilaku keuangan mahasiswa dan pengembangan program edukasi keuangan untuk mahasiswa dapat membantu mereka dalam membuat keputusan finansial yang lebih baik di masa depan.en_US
dc.subjectFinancial Knowledge,en_US
dc.subjectSocialization Agents danen_US
dc.subjectManagement Behavioren_US
dc.titlePENGARUH FINANCIAL KNOWLEDGE DAN SOCIALIZATION AGENTS TERHADAP FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR PADA MAHASISWA UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDANen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record