PENGARUH MODEL TPS (THINK-PAIR-SHARE) BERBANTUAN AUDIOVISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA SMA SWASTA IMELDA MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) berbantuan audiovisual terhadap keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Swasta Imelda Medan. Model TPS memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir, berkolaborasi, dan berbagi ide secara aktif, sementara media audiovisual digunakan untuk meningkatkan interaksi dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain two-group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model TPS berbantuan audiovisual secara signifikan meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks negosiasi dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam inovasi pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa.