dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran berdiferensiasi berbasis Augmented Reality (AR) terhadap kemampuan numerasi peserta didik pada materi Statistika di SMAS Nasrani 2 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment dengan populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas X di SMAS Nasrani 2 Medan. Dengan teknik Cluster Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (X-1) dengan total peserta didik 30 orang dan kelas kontrol (X-2) dengan total peserta didik 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah observasi, angket, dan tes hasil belajar kemampuan numerasi peserta didik berbentuk esai yang telah dilakukan uji prasyarat instrumen. Berdasarkan lembar observasi pengelolaan pelaksanaan pembelajaran diperoleh nilai 3,166, lembar observasi proses komunikatif diperoleh nilai 3,333, lembar observasi aktivitas belajar peserta didik diperoleh nilai 3,103, lembar angket respon peserta didik diperoleh nilai 3,288 artinya indikator efektivitas tersebut dalam kriteria baik. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh perhitungan pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata post test 81,1666. Pada kelas kontrol diperoleh rata-rata post test 63,1666. Maka, berdasarkan perhitungan hasil belajar peserta didik pada kemampuan numerasi menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% yang berarti ada perbedaan antara pembelajaran berdiferensiasi berbasis Augmented Reality (AR) dengan pembelajaran biasanya. Berdasarkan hasil pengelolaan pelaksanaan pembelajaran, proses komunikatif, aktivitas belajar peserta didik, respon peserta didik, dan hasil belajar kemampuan numerasi peserta didik dengan pembelajaran berdiferensiasi berbasis Augmented Reality (AR) efektif terhadap kemampuan numerasi peserta didik pada materi Statistika di SMAS Nasrani 2 Medan. | en_US |