• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    • Ilmu Administrasi Niaga
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    • Ilmu Administrasi Niaga
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH HARGA DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA SHOPPE DI KECAMATAN MEDAN TEMBUNG

    Thumbnail
    View/Open
    NOVITA TIUR MADUMA.pdf (2.407Mb)
    Date
    2025-05
    Author
    Maduma, Novita Tiur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian produk pada Shoppe di Kecamatan Medan Tembung baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuntitatif, yang jumlah populasinya tidak diketahui dengan menggunakan Rumus Roa Purba dan jumlah sampel 96 responden. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah uji instrument yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolineritas dan uji heteroskedastisitas, uji analisis linear berganda uji hipotesis digunakan dari uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Berdasarkan uji linear regresi berganda menunjukkan bahwa Harga (X1) berpengaruh negatih terhadap Keputusan pembelian (Y) dengan koefisien sebesar -0,290 yang artinya apabila variabel harga naik satu satuan maka Keputusan pembelian (Y) mengalami penurunan sebesar 0,290, sedangkan persepsi konsumen (X2) mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembalian (Y) dengan koefisien regresi sebesar 0,468 yang artinya apabila variabel persepsi konsumen (X2) naik satu satuan maka Keputusan pembelian meningkat sebesar 0,468. Hasil uji t menunjukkan bahwa Harga (X1) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), Persepsi Konsumen (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Secara simultan didapatkan bahwa Harga (X1) dan Persepsi Konsumen (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,614, artinya bahwa variabel Keputusan Pembelian mampu dijelaskan oleh faktor Harga dan Persepsi Konsumen sebesar 61,4%. Sedangkan sisanya 38,6% dijelaskan oleh variabel promosi, kepercayaan, kualitas produk, citra merek dan lain sebagainya.Peneliti menyarankan supaya Shopee rutin menyediakan voucher gratis ongkir dan menjaga harga kompetitif untuk meningkatkan loyalitas konsumen dan daya saing. ii
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/12093
    Collections
    • Ilmu Administrasi Niaga [226]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback