Show simple item record

dc.contributor.authorMaduma, Novita Tiur
dc.date.accessioned2025-05-22T04:20:41Z
dc.date.available2025-05-22T04:20:41Z
dc.date.issued2025-05
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/12093
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian produk pada Shoppe di Kecamatan Medan Tembung baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuntitatif, yang jumlah populasinya tidak diketahui dengan menggunakan Rumus Roa Purba dan jumlah sampel 96 responden. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah uji instrument yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolineritas dan uji heteroskedastisitas, uji analisis linear berganda uji hipotesis digunakan dari uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Berdasarkan uji linear regresi berganda menunjukkan bahwa Harga (X1) berpengaruh negatih terhadap Keputusan pembelian (Y) dengan koefisien sebesar -0,290 yang artinya apabila variabel harga naik satu satuan maka Keputusan pembelian (Y) mengalami penurunan sebesar 0,290, sedangkan persepsi konsumen (X2) mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembalian (Y) dengan koefisien regresi sebesar 0,468 yang artinya apabila variabel persepsi konsumen (X2) naik satu satuan maka Keputusan pembelian meningkat sebesar 0,468. Hasil uji t menunjukkan bahwa Harga (X1) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), Persepsi Konsumen (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Secara simultan didapatkan bahwa Harga (X1) dan Persepsi Konsumen (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,614, artinya bahwa variabel Keputusan Pembelian mampu dijelaskan oleh faktor Harga dan Persepsi Konsumen sebesar 61,4%. Sedangkan sisanya 38,6% dijelaskan oleh variabel promosi, kepercayaan, kualitas produk, citra merek dan lain sebagainya.Peneliti menyarankan supaya Shopee rutin menyediakan voucher gratis ongkir dan menjaga harga kompetitif untuk meningkatkan loyalitas konsumen dan daya saing. iien_US
dc.subjectHarga,en_US
dc.subjectPersepsi Konsumen danen_US
dc.subjectKeputusan Pembelianen_US
dc.titlePENGARUH HARGA DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA SHOPPE DI KECAMATAN MEDAN TEMBUNGen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record