PENGARUH FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PURNAMA BALIGE HOTEL
Abstract
Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana pengaruh fasilitas terhadap kepuasaan pengunjung di Purnama Balige Hotel?. 2) Bagaimana pengaruh pelayanan terhadap kepuasaan pengunjung pada Purnama Balige Hotel? 3) Bagaimana pengaruh fasilitas dan pelayanan terhadap kepuasan pengunjung pada Purnama Balige Hotel? Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Untuk mengetahui dan menganalisis besar pengaruh fasilitas terhadap kepuasaan pengunjung di Purnama Balige Hotel. 2) Untuk mengetahui dan menganalisis besar pengaruh pelayanan terhadap kepuasaan pengunjung pada Purnama Balige Hotel. 3) Untuk mengetahui dan menganalisis besar pengaruh fasilitas dan pelayanan terhadap kepuasan pengunjung pada Purnama Balige Hotel. Jenis penelitian yang diguunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah pelanggan Purnama Balige Hotel. Pada tahun 2023-2024 tercatat jumlah pelanggan Purnama Balige Hotel sebanyak 7.514 orang. Jumlah sampel dalam penelitian adalah sebanyak 100 sampel. Adapun hasil penelitian sebagi berikut: 1) Fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Purnama Balige Hotel. 2) Kualitas pelayanan positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Purnama Balige Hotel. 3) Fasilitas dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Purnama Balige Hotel.
Collections
- Manajemen [1214]