PENGARUH KEUNTUNGAN RELATIF, EFEKTIVITAS BIAYA, DAN INTERAKTIVITAS TERHADAP ADOPSI MEDIA SOSIAL PADA UMKM DIKOTA MEDAN
Abstract
UMKM di kota Medan kini telah banyak menggunakan media sosial untuk menjual produk dan jasa, karena kemudahan menjangkau konsumen melalui media sosial. Penelitian sebelumnya telah mengidentifikasi bagaimana model TOE (technological, organisational, environmental) mempengaruhi adopsi media sosial oleh UMKM. Namun penelitian ini betujuan untuk menginvestigasi bagaimana kombinasi dari faktor teknologi dalam mempengaruhi adopsi media sosial. Model penelitian ini dianalisis menggunakan model SPSS dengan menguji 100 responden yang merupakan UMKM di kota Medan yang menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran. Dari hasil uji analisis regresi berganda menunjukkan bahwa variabel keuntungan relatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap adopsi media sosial, efektivitas biaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap adopsi media sosial, interaktivitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap adopsi media sosial. Dari hasil uji t variabel keuntungan relatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap adopsi media sosial, efektivitas biaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap media sosial, interaktivitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap adopsi media sosial.
Dari hasil pengujian koefisien determinasi ( R2 ) variabel keuntungan relatif, efektivitas biaya, interaktivitas dapat dijelaskan bahwa pemasaran media sosial hanya sebesar 31,2% sedangkan sisanya 68,8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam peneliti ini.
Collections
- Manajemen [1191]