PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP NIAT BERKUNJUNG WISATAWAN KE SORAKE BEACH NIAS SELATAN MELALUI CITRA DESTINASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Social Media Marketing terhadap Niat Berkunjung wisatawan ke Sorake Beach Nias Selatan melalui Citra Destinasi dengan menggunakan Theory Social Media Marketing (SMM). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Data yang dikumpulkan melalui survei menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang memiliki ketertarikan terhadap terhadap destinasi wisata sorake beach. Variabel yang diuji dalam penelitian ini meliputi social media marketing, citra destinasi dan niat berkunjung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra destinasi dengan hasil T statistik 3.964 > 1.96 pada tingkat signifikansi 0.05 dengan nilai P-Value 0.000 < 0.05 dan nilai original sampel positif 0.410, social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berkunjung dengan hasil T statistik 10.841 > 1.96 pada tingkat signifikansi 0.05 dengan nilai P-Value 0.000 < 0.05 dan nilai original sampel positif sebesar 0.794, citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berkunjung dengan hasil T statistik 4.500 > 1.96 pada tingkat signifikansi 0.05 dengan nilai P-Value 0.000 < 0.05 dan nilai original sampel positif sebesar 0.452 dan social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berkunjung melalui citra destinasi dengan hasil T statistik 3.409 > 1.96 pada tingkat signifikansi 0.05 dengan nilai P-Value 0.001 < 0.05 dan nilai original sampel positif sebesar 0.326. Dengan demikian, optimalisasi strategi pemasaran melalui media sosial yang dapat meningkatkan niat wisatawan untuk mengujungi Sorake Beach.
Collections
- Manajemen [1191]