PENGARUH HUTANG TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN SEKTOR CONSUMER CYCLICALS YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2020-2022
Abstract
Kemampuan suatu perusahaan untuk menghasilkan keuntungan disebut profitabilitas. Keuntungan ini dapat digunakan untuk mengembalikan hutang dan bunga pinjaman. Hutang sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu hutang jangka pendek dan jangka panjang. Analisis rasio keuangan menganalisis laporan keuangan dengan membandingkan satu akun dengan akun lain dalam laporan keuangan, perbandingan tersebut dapat antara akun-akun dalam laporan keuangan neraca dan laba rugi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hutang jangka pendek dan hutang jangka panjang terhadap profitabilitas. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor Consumer Cyclicals yang terdaftar di BEI periode 2020-2022. Sebanyak 139 perusahaan sedangkan sampel ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling dan yang memenuhi kriteria sebanyak 26 perusahaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh melalui laporan keuangan perusahaan. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik (uji normalitas data, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi), regresi linier berganda serta uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hutang jangka pendek berpengaruh positif terhadap profitabilitas dan hutang jangka panjang tidak berpengaruh terhadap profitabilitas pada perusahaan sektor Consumer Cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2022.
Collections
- Akuntansi [1801]