Show simple item record

dc.contributor.authorManurung, Bunga Paska Dewita Oktaviyanti
dc.date.accessioned2025-05-05T06:09:09Z
dc.date.available2025-05-05T06:09:09Z
dc.date.issued2025-05
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11779
dc.description.abstractKemampuan suatu perusahaan untuk menghasilkan keuntungan disebut profitabilitas. Keuntungan ini dapat digunakan untuk mengembalikan hutang dan bunga pinjaman. Hutang sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu hutang jangka pendek dan jangka panjang. Analisis rasio keuangan menganalisis laporan keuangan dengan membandingkan satu akun dengan akun lain dalam laporan keuangan, perbandingan tersebut dapat antara akun-akun dalam laporan keuangan neraca dan laba rugi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hutang jangka pendek dan hutang jangka panjang terhadap profitabilitas. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor Consumer Cyclicals yang terdaftar di BEI periode 2020-2022. Sebanyak 139 perusahaan sedangkan sampel ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling dan yang memenuhi kriteria sebanyak 26 perusahaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh melalui laporan keuangan perusahaan. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik (uji normalitas data, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi), regresi linier berganda serta uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hutang jangka pendek berpengaruh positif terhadap profitabilitas dan hutang jangka panjang tidak berpengaruh terhadap profitabilitas pada perusahaan sektor Consumer Cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2022.en_US
dc.subjectHutang Jangka Pendek,en_US
dc.subjectHutang Jangka Panjang,en_US
dc.subjectProfitabilitas  en_US
dc.titlePENGARUH HUTANG TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN SEKTOR CONSUMER CYCLICALS YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2020-2022en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record