dc.contributor.author | Manalu, Meilisa | |
dc.date.accessioned | 2025-05-02T05:56:36Z | |
dc.date.available | 2025-05-02T05:56:36Z | |
dc.date.issued | 2025-05 | |
dc.identifier.uri | https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11752 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning dan numbered heads together terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa pada materi ukuran pemusatan data di kelas X SMAS Katolik Mariana Medan T.A. 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan sampel penelitian terdiri dari dua kelas, masing-masing berjumlah 30 siswa, yang dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Kelas eksperimen I diajarkan dengan model problem based learning, sedangkan kelas eksperimen II menggunakan model numbered heads together. Instrumen yang digunakan tes hasil belajar aspek kognitif siswa dengan soal bentuk essai serta lembar observasi setiap model yang digunakan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 pada taraf signifikan 5% yang berarti terdapat pengaruh problem based learning dan numbered heads together terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa pada materi ukuran pemusatan data di kelas X SMAS Katolik Mariana Medan. Hasil analisis data menunjukkan sebesar 73,5% pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa dan 72,8% pengaruh model numbered heads together terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa. Dari hasil uji t disimpulkan tidak ada perbedaan signifikan hasil belajar aspek kognitif siswa pada model problem based learning dan numbered heads together. | en_US |
dc.subject | Pengaruh, | en_US |
dc.subject | Problem Based Learning (PBL), | en_US |
dc.subject | Numbered Heads Together (NHT), | en_US |
dc.subject | Aspek Kognitif | en_US |
dc.title | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF SISWA PADA MATERI UKURAN PEMUSATAN DATA DI KELAS X SMAS KATOLIK MARIANA MEDAN T.A. 2024/2025 | en_US |