dc.contributor.author | Panggabean, Marissa Nurianna | |
dc.date.accessioned | 2025-05-02T04:14:22Z | |
dc.date.available | 2025-05-02T04:14:22Z | |
dc.date.issued | 2025-05 | |
dc.identifier.uri | https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11743 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini melihat pengaruh integrasi alat musik Batak dalam Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap minat matematis siswa SMA. Integrasi ini bertujuan meningkatkan minat siswa dalam belajar matematika melalui pendekatan berbasis budaya lokal. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain Posttest-Only Control Group Design. Sampel terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan LKPD berbasis alat musik Batak dan kelompok kontrol tanpa perlakuan serupa. Data dikumpulkan melalui angket minat matematis dan dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, serta uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan terdapat perbedaan signifikan dalam minat matematis antara kedua kelompok. Siswa yang menggunakan LKPD berbasis alat musik Batak memiliki minat lebih tinggi dibandingkan kelompok control.Integrasi alat musik Batak dalam LKPD memberikan pengaruh positif terhadap minat matematis siswa. | en_US |
dc.subject | LKPD, | en_US |
dc.subject | alat, | en_US |
dc.subject | musik, | en_US |
dc.subject | Batak, | en_US |
dc.subject | minat, | en_US |
dc.subject | Pembelajaran, | en_US |
dc.subject | kontekstual. | en_US |
dc.title | PENGARUH INTEGRASI ALAT MUSIK BATAK DALAM LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP MINAT MATEMATIS SISWA SMA | en_US |