Show simple item record

dc.contributor.authorRitonga, Nora Winda
dc.date.accessioned2025-01-10T08:23:14Z
dc.date.available2025-01-10T08:23:14Z
dc.date.issued2024-11
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11586
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tingkat kecemasan siswa dan kemampuan pemahaman matematika mereka pada materi bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 4 Kecamatan Pangaribuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, yang berfokus pada pengumpulan dan analisis data numerik untuk menggambarkan kondisi kedua variabel tersebut tanpa menguji hubungan atau pengaruh antara keduanya. Data dikumpulkan melalui angket untuk mengukur tingkat kecemasan siswa dan tes untuk menilai kemampuan pemahaman matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya variasi pada tingkat kecemasan siswa, yang terbagi menjadi kategori rendah, sedang, dan tinggi. Begitu juga dengan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa mencakup beberapa indikator, seperti menyatakan ulang konsep, mengklasifikasi objek berdasarkan sifatnya, mengaplikasikan konsep, serta menyajikan konsep kedalam berbagai bentuk representasi. Penelitian ini menyajikan gambaran yang jelas mengenai distribusi kecemasan dan kemampuan pemahaman matematika tanpa menganalisis keterkaitan antara kedua variabel tersebut. Temuan ini diharapkan dapat membantu pihak pendidik untuk merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif dan memperhatikan kondisi psikologis siswa, khususnya dalam konteks pembelajaran matematika pada materi bilangan bulat.en_US
dc.subjecttingkat kecemasan siswaen_US
dc.subjectkemampuan pemahaman matematikaen_US
dc.subjectbilangan bulaten_US
dc.titleANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI TINGKAT KECEMASAN SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT KELAS VII SMP NEGERI 4 KECAMATAN PANGARIBUANen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record