dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan kemampuan pemahaman konsep matematika dan gaya belajar siswa kelaas VII SMP Negeri 4 Pangaribuan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif melalui pendekatan korelasi yang dirancang untuk melihat hubungan gaya belajar dan kemampuan pemahamn konsep melalui soal tes pada materi bilangan bulat dan angket.
Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VII-1 sebanyak 26 siswa yang dikelompokkan kedalam 3 gaya belajar yaitu gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Kemampuan pemahaman konsep dilihat dari hasil tes yang berdasarkan indikator, yaitu menyatakan ulang konsep, mengklasifikasi objek sesuai dengan sifatnya, mengaplikasikan konsep dan menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi menggunakan, memanfaatkan dan mimilih prosedur dan operasi tertentu.
Berdasarkan hasil analisis korelasi spearman terhadap data yang diperoleh penelitian ini menemukan adanya korelasi yang signifikan antara gaya belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 4 Pangaribuan. | en_US |