• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH TES DIAGNOSTIK AWAL DAN PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 2 TANJUNG BERINGIN

    Thumbnail
    View/Open
    KARLINA ELPRIYANTI TAMPUBOLON.pdf (317.8Kb)
    Date
    2024-10-29
    Author
    TAMPUBOLON, KARLINA ELPRIYANTI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tes diagnostik awal dan penerapan pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar IPS kelas VII di SMP Negeri 2 Tanjung Beringin. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Tanjung Beringin dengan populasi sebanyak 91 siswa kelas VII, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan membagikan kuisoner (angket). Uji prasyarat yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas, dan pada teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda, serta uji t (uji hipotesis secara parsial), uji F (uji hipotesis secara simultan), dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes diagnostik awal (X1) memiliki pengaruh secara parsial terhadap hasil belajar IPS siswa (Y) dengan nilai thitung > ttabel (2,434 > 1,662) dan penerapan pembelajaran berdiferensiasi memiliki pengaruh dengan nilai thitung > ttabel (4,796 > 1,662). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara tes diagnostik awal dan penerapan pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11428
    Collections
    • Pendidikan Ekonomi [281]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback