• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Swasta Maria Goretti Kabanjahe Tahun ajaran 2024/2025

    Thumbnail
    View/Open
    ALVIONITA Br. SURBAKTI.pdf (314.9Kb)
    Date
    2024-10-29
    Author
    BR. SURBAKTI, ALVIONITA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Swasta Maria Goretti Kabanjahe Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini bedasarkan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta Maria Goretti dengan subjek seluruh siswa kelas VIII , dengan objek berjumlah 67 siswa. Objek yang diambil berdasarkan 2 kelas yaitu kelas VIII-A sebagai kelas kontrol yang pembelajarannya dengan pembelajaran konvensional dan VIII-C sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya dengan penggunaan media berbasis video. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi guru dan siswa, modul ajar dan instrument tes yang terdiri dari pretest dan postest. Instrument tersebut menggunakan beberapa tahap yaitu uji normalitas, uji reliabilitas, uji homogenitas, uji N-Gain dan uji Hipotesis, yang semuanya diolah menggunakan alat bantu hitung SPSS 29. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada hasil belajar siswa kelas eksperimen yang mendapat perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis video. Hal ini sesuai dengan perhitungan peneliti dengan menggunakan SPSS 29, yang menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu thitung = 2,203 dan ttabel= 1,668. Nilai signifikan yang didapat yaitu nilai signifikan one- sided p = 0,016 dan nilai signifikan two- sided p = 0,031, hal ini berarti nilai signifikan yang diperoleh < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Swasta Maria Goretti Kabanjahe.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11427
    Collections
    • Pendidikan Ekonomi [281]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback