dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Swasta Maria Goretti Kabanjahe Tahun Ajaran 2024/2025.
Penelitian ini bedasarkan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta Maria Goretti dengan subjek seluruh siswa kelas VIII , dengan objek berjumlah 67 siswa. Objek yang diambil berdasarkan 2 kelas yaitu kelas VIII-A sebagai kelas kontrol yang pembelajarannya dengan pembelajaran konvensional dan VIII-C sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya dengan penggunaan media berbasis video. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi guru dan siswa, modul ajar dan instrument tes yang terdiri dari pretest dan postest. Instrument tersebut menggunakan beberapa tahap yaitu uji normalitas, uji reliabilitas, uji homogenitas, uji N-Gain dan uji Hipotesis, yang semuanya diolah menggunakan alat bantu hitung SPSS 29.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada hasil belajar siswa kelas eksperimen yang mendapat perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis video. Hal ini sesuai dengan perhitungan peneliti dengan menggunakan SPSS 29, yang menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu thitung = 2,203 dan ttabel= 1,668. Nilai signifikan yang didapat yaitu nilai signifikan one- sided p = 0,016 dan nilai signifikan two- sided p = 0,031, hal ini berarti nilai signifikan yang diperoleh < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Swasta Maria Goretti Kabanjahe. | en_US |