HUBUNGAN PERSEPSI TIPE POLA ASUH ORANG TUA DENGAN RESILIENSI AKADEMIK PADA SISWA SMA DI KOTA MEDAN
Abstract
Dalam kegiatan belajar, siswa diharapkan mampu menjalankan segala bentuk tuntutan akademik dengan baik. Penerapan pola asuh orang tua dapat mempengaruhi kebiasaan belajar siswa baik di rumah maupun di sekolah. Hal ini didasarkan apakah pola asuh yang diberikan akan berdampak pada resiliensi akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi pola asuh orang tua dengan resiliensi akademik pada siswa SMA di Kota Medan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan subjek dalam penelitian ini berjumlah 147 siswa SMA kelas XI dan XII yang berada di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan uji kolerasi spearman rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi pola asuh orang tua otoritarian, otoritatif dan permisif dengan resiliensi akademik siswa (P value = 0.000), serta menunjukkan koefisien kolerasi sebesar 0.378 dengan arah hubungan positif antara tipe pola asuh otoritatif dan permisif terhdap resiliensi akademik, dan koefisien kolerasi sebesar -0.073 menunjukkan hubungan yang negatif antara tipe pola asuh otoritatian dengan resiliensi akademik.
Collections
- Ilmu Psikologi [287]