Show simple item record

dc.contributor.authorSINAGA, JESIKA YOLANDA
dc.date.accessioned2024-10-25T04:34:57Z
dc.date.available2024-10-25T04:34:57Z
dc.date.issued2024-10-25
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11396
dc.description.abstractDalam kegiatan belajar, siswa diharapkan mampu menjalankan segala bentuk tuntutan akademik dengan baik. Penerapan pola asuh orang tua dapat mempengaruhi kebiasaan belajar siswa baik di rumah maupun di sekolah. Hal ini didasarkan apakah pola asuh yang diberikan akan berdampak pada resiliensi akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi pola asuh orang tua dengan resiliensi akademik pada siswa SMA di Kota Medan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan subjek dalam penelitian ini berjumlah 147 siswa SMA kelas XI dan XII yang berada di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan uji kolerasi spearman rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi pola asuh orang tua otoritarian, otoritatif dan permisif dengan resiliensi akademik siswa (P value = 0.000), serta menunjukkan koefisien kolerasi sebesar 0.378 dengan arah hubungan positif antara tipe pola asuh otoritatif dan permisif terhdap resiliensi akademik, dan koefisien kolerasi sebesar -0.073 menunjukkan hubungan yang negatif antara tipe pola asuh otoritatian dengan resiliensi akademik.en_US
dc.subjectPersepsi Pola Asuh,en_US
dc.subjectResiliensi Akademik,en_US
dc.subjectSiswa SMA.en_US
dc.titleHUBUNGAN PERSEPSI TIPE POLA ASUH ORANG TUA DENGAN RESILIENSI AKADEMIK PADA SISWA SMA DI KOTA MEDANen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record