Pengaruh Karakteristik Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX SMP Swasta Talitakum Medan
Abstract
Pemarsalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh karakteristik siswa terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran ips kelas IX SMP Swasta Talitakum Medan. Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta Talitakum Medan dengan populasi sebanyak 25 siswa, pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, angket dokumentasi dan kuisoner (angket). Uji prasyarat yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, pada Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji statistic deskriptif, uji t (pengujian hipotesis secara parsial), dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan visual (X1) , auditory (X2) dan kinestetik (X3) memiliki pengaruh secara parsial terhadap kemampuan berpikir kritis (Y) dengan nilai hitung nilai thitung>ttabel pada variabel (X1) (4,946>1,720), pada variabel (X2) (4,768>1,720) dan pada variabel (X3) (1,686>1,720).
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]