dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model think, pair, and share terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dan pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linear tiga variabel siswa kelas X SMA Negeri 1 Habinsaran T. A. 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas X, dan sampel penelitian yang terdiri dari 72 siswa kelas X. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Insidental sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran dengan model think, pair, and share efektif terhadap kemampuan siswa dalam berpikir kreatif matematis. (2) Efektivitas model think, pair, and share terhadap kemampuan siswa dalam berpikir kreatif dengan kategori tinggi. (3) Pembelajaran dengan model think, pair, and share efektif terhadap kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. (4) Efektivitas model think, pair, and share terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan kategori tinggi. | en_US |