dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas pembelajaran dengan Project Based Learning (PjBL) berbantuan aplikasi Qanda dalam pemecahan masalah di kelas X SMA Negeri 1 Pangururan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi penelitian, yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pangururan. Sampel penelitian kelas eksperimen di Kelas X-A dan kelas kontrol di Kelas X-B dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk uraian yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi kualitas pembelajaran, kesesuaian tingkat pembelajaran dan waktu. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, maka berdasarkan hasil perhitungan post-test didapatkan pada kelas eksperimen mempunyai nilai rata-rata 82,79 dan pada kelas kontrol mempunyai nilai rata-rata 61,03. Hasil uji prasyarat data post-test menyatakan sampel berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan perhitungan n-gain yang dimana diperoleh pada kelas eksperimen sebesar 0,77 yang berarti terjadi peningkatan pada kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,52 yang berarti terjadi peningkatan pada kategori sedang. Berdasarkan hasil perhitungan N-Gain maka dilakukan uji-t dengan hasil nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% yang berarti adanya perbedaan efektivitas antara model Project Based Learning berbantuan aplikasi Qanda dengan pembelajaran biasa. Berdasarkan lembar observasi kesesuaian tingkat pembelajaran diperoleh skor 4,13 yang berarti kesesuaian tingkat pembelajaran sudah baik, dan pencapaian waktu ideal 4,67 yang berarti baik. Berdasarkan perhitungan nilai rata-rata post-test, n-gain, uji-t, lembar observasi kesesuaian tingkat pembelajaran dan waktu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan aplikasi Qanda efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik di Kelas X SMA Negeri 1 Pangururan. | en_US |