PENGARUH KUALITAS PODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENCUCI WAJAH POND’S MEN PADA MASYARAKAT KOTA MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana kualitas produk dan citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian pencuci wajah Pond’S Men pada masyarakat kota medan. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berdomisili di kota medan. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling. Hasil uji regeresi linear berganda menunjukan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh positif keputusan pembelian dengan koefisien 0,581. Variabel citra merek berpengaruh positif dengan koefisien 0,584. Hasil perhitungan uji t (parsial) kualitas produk (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan dengan nilai thitung =7.865 >ttabel =1,660 dengan signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Variabel citra merek (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan nilai thitung =3.576 >ttabel =1,660 dengan signifikan sebesar 0,001< 0,05. Secara simultan variabel kualitas produk (X1) dan citra merek (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan Fhitung sebesar 131.538 dengan nilai Ftabel sebesar 3,09 (131.538 >3,09) dengan nilai signifikan 0,000<0,05. Dari hasil determinasi (R2) diperoleh nilai R2 = 0,731%. Keputusan pembelian (Y) dipengaruhi oleh kualitas produk (X1) dan citra merek (X2) sedangkan sisanya sebesar 0,269% dipengaruhi oleh variable bebas lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Collections
- Manajemen [1151]