PENGARUH SHOPPING ENJOYMENT TENDENCY, DAN URGE TO PURCHASE TERHADAP IMPULSE BUYING PADA PLATFORM SHOPEE
Abstract
Meningkatnya perilaku impulse buying di kalangan mahasiswa, terutama pada platform e-commerce seperti Shopee. Mahasiswa sering kali melakukan pembelian yang tidak direncanakan, dipicu oleh promosi, diskon, dan penawaran eksklusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh shopping enjoyment tendency dan urge to purchase mempengaruhi impulse buying. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode survey secara online dengan google form yang dilakukan kepada 100 mahasiswa di Kota Medan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan teknik Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 4.0. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa shopping enjoyment tendency berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, begitu juga dengan urge to purchase juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kesenangan dalam berbelanja dan dorongan untuk membeli, semakin besar kemungkinan mahasiswa melakukan pembelian impulsif di platform Shopee.
Collections
- Manajemen [1151]