dc.description.abstract | Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah pada materi aljabar di kelas VII SMP N 5 Percut Sei Tuan T. A. 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan populasi seluruh siswa kelas VII yang berada di kelas VII SMP N 5 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 8 kelas. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling, maka ditentukan sebagai sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Berdasarkan hasil perhitungan post-test pada kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa nilai asymp.sig.(2-tailed) 0,011 < 0,05 pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil perhitungan post-test pada pemecahan masalah kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa nilai asymp.sig.(2-tailed) 0,002 < 0,05 pada taraf signifikan 5%. Sementara hasil post-test kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 12,7 dan pada pemecahan masalah kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 11,56. Sedangkan kemampuan berpikir kritis di kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 11,3 dan pada pemecahan masalah kelas kontrol diperoleh rata-rata 10,3. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan dengan pembelajaran diferensiasi terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah pada materi aljabar di kelas VII SMP N 5 Percut Sei Tuan T. A. 2024/2025. | en_US |