PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DAN KETERLIBATAN KERJA PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR KECAMATAN PULAU RAKYAT KABUPATEN ASAHAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan publik dan keterlibatan kerja pegawai terhadap kepuasan masyarakat. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 120 responden. Berdasarkan hasil uji regresi, kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat dengan koefisien regresi 0,124 dan variabel keterlibatan kerja pegawai terhadap terhadap kepuasan masyarakat dengan koefisien regresi 0,629 dapat diartikan bahwa apabila kualitas pelayanan publik dan keterlibatan kerja pegawai ditingkatkan maka kepuasan masyarakat juga akan meningkat. Berdasarkan hasil uji t kualitas pelayanan publik (X1) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Nilai t hitung dari variabel kualitas pelayanan publik thitung 2,816 > ttabel 1,657 dengan nilai signifikansi 0,006 < 0,05. Variabel keterlibatan kerja pegawai (X2) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Nilai t hitung dari variabel keterlibatan kerja pegawai thitung 5,956 > ttabel 1,65 dengan nilai signifikansi 0,000 > 0,05. Berdasarkan uji F bahwa variabel kualitas pelayanan publik dan keterlibatan kerja pegawai secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan Fhitung sebesar 58,333 dengan nilai Ftabel sebesar 3,073 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi R2 diperoleh nilai sebesar 0,801 yang berarti variabel kualitas pelayanan publik dan keterlibatan kerja pegawai dapat menjelaskan variabel kepuasan masyarakat sebesar 80,1% sedangkan 19,9% dijelaskan oleh variabel lain.
Collections
- Manajemen [1151]