PENGARUH COGNITIVE IMAGE OF NATURAL SOUNDSCAPE TERHADAP KESENANGAN DAN GAIRAH YANG MENDORONG NIAT PERILAKU PADA WISATA KOLAM ABADI PELARUGA
Abstract
Penelitian ini menyoroti pentingnya penelitian pariwisata yang melibatkan Indera pendengaran, penglihatan, penciuman, peraba, perasa untuk meningkatkan pengalaman pengunjung atau wisatawan. khususnya dalam konteks pengalaman sensorik pendengaran. Model penelitian ini dianalisis menggunakan SmartPLS 4.0 dengan menguji 142 responden yang merupakan wisatawan yang sudah pernah berkunjung ke wisata Pelaruga. Dengan menggunakan Model Stimulus-Organisme-Respons (SOR), penelitian tersebut menjelaskan hubungan antara lanskap suara alami, emosi, dan perilaku wisatawan. Melalui pemodelan persamaan struktural, penelitian ini menegaskan adanya hubungan yang signifikan antara lanskap suara alami dan respons emosional serta perilaku wisatawan dalam wisata berbasis alam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor pendengaran seperti lanskap suara alami memiliki pengaruh yang signifikan terhadap emosi wisatawan dan perilaku wisatawan. Penemuan ini menegaskan pentingnya mempertimbangkan aspek multisensori dalam perencanaan dan pengelolaan destinasi pariwisata alam, serta menunjukkan bahwa pengalaman pendengaran dapat menjadi faktor kunci dalam mempengaruhi pengalaman dan perilaku wisatawan.
Collections
- Manajemen [1151]