PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI MEREK MURNI DI DOLOKSANGGUL KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana pengaruh kualitas produk, persepsi, dan citra merek terhadap keputusan pembelian kopi merek murni di Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 orang yang ada di Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan. Hasil uji regresi linear berganda di peroleh Y=10,445+0,191 (X1) + 0,093 (X2) + 0,133 (X3), dari persamaan regresi diketahui bahwa kualitas produk, persepsi harga, dan citra merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian kopi merek murni. Berdasarkan hasil uji t kualitas produk (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kopi merek murni, hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan dengan nilai t hitung = 4.882> t tabel
=1,660 dengan signifikan sebesar 0,000< 0,05. Variabel persepsi harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kopi merek murni, hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan nilai t hitung = 3.162> t tabel
= 1,660 dengan signifikan sebesar 0,002< 0,05. Variabel citra merek (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kopi merek murni, hal ini di tunjukkan dengan hasil perhitungan nila t hitung = 4.296> t tabel
= 1,660 dengan signifikan sebesar 0,001< 0,05. Secara simultan variabel kualitas produk (X1), persepsi harga (X2) dan citra merek (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kopi merek murni. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan F hitung sebesar = 27.305 dengan nilai F tabel sebesar 3,09 (27.305 > 3,09) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Dari hasil determinasi (R2) diperoleh nilai R2= 0,46% keputusan pembelian (Y) dipengaruhi oleh kualitas produk (X1), persepsi harga (X2) dan citra merek (X3) sedangkan sisahnya 0,56% di pengaruhi oleh variabel bebas lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Collections
- Manajemen [1151]