FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERCEIVED ENJOYMENT DAN DAMPAKNYA PADA IMPULSIVE BUYING DI LIVE STREAMING SHOPEE PADA GENERASI Z DI KABUPATEN SAMOSIR
Abstract
Pendahuluan: Kemajuan teknologi yang terus berkembang telah mempengaruhi pembelian impulsive buying di live streaming Shopee pada generasi Z. Fitur Shopee Live menjadikan Shopee sebagai platform belanja online yang popular di Indonesia karena menawarkan pengalaman baru bagi konsumen untuk berinteraksi langsung dengan penjual dan konsumen selama melakukan transaksi belanja online.
Rumus Masalah: (1) Bagaimanakah pengaruh promotion, product price, service quality, free shipping, purchase convenience terhadap perceived enjoyment?. (2) Bagaimanakah pengaruh perceived enjoyment terhadap online impulsive buying behavior generasi Z?
Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, menganalisis dan menemukan pengetahuan faktor-faktor yang mempengaruhi perceived enjoyment dan dampaknya pada impulsive buying di live streaming shopee pada generasi Z di Kabupaten Samosir
Metode Analisis Data: Analisis data yang dilakukan dengan metode Partial Least Square (PLS) menggunakan software SmartPLS versi 4. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 130 responden generasi Z yang menggunakan Live streaming Shopee di Kabupaten Samosir.
Hasil: (1) Promotion, produck price, service quality berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap perceived enjoyment. (2) Free shipping, purchase convenience berpengaruh positif dan signifikan terhadap perceived enjoyment. (3) Perceived enjoyment berpengaruh positif dan signifikan terhadap online impulsive buying behavior generasi Z.
Collections
- Manajemen [1151]