PENGARUH PERCEIVED QUALITY DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN YANG MENDORONG LOYALITAS WISATAWAN PADA DESTINASI WARISAN BUDAYA SAMOSIR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh perceived quality (kualitas yang dirasakan) dan perceived value (nilai yang dirasakan) terhadap kepuasan wisatawan, serta bagaimana kepuasan tersebut mempengaruhi loyalitas wisatawan di destinasi warisan budaya Samosir. Metode penelitian yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan alat analisis Smart-PLS. Sebanyak 224 responden wisatawan yang mengunjungi Samosir menjadi subjek penelitian ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa perceived value berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan, sedangkan perceived quality tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Hal ini menunjukkan bahwa persepsi nilai yang tinggi dari wisatawan terhadap destinasi dapat lebih mempengaruhi kepuasan mereka daripada persepsi terhadap kualitas. Selain itu, kepuasan wisatawan secara signifikan mempengaruhi loyalitas wisatawan, yang menunjukkan bahwa wisatawan yang puas cenderung lebih setia terhadap destinasi wisata. Temuan ini memberikan implikasi bahwa untuk meningkatkan loyalitas wisatawan di Samosir, pihak manajemen perlu memperhatikan faktor perceived value sebagai prioritas utama dalam meningkatkan kepuasan wisatawan.
Collections
- Manajemen [1151]