Show simple item record

dc.contributor.authorARITONANG, JULIA RONAULI
dc.date.accessioned2024-05-29T08:56:04Z
dc.date.available2024-05-29T08:56:04Z
dc.date.issued2024-05-29
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/10719
dc.description.abstractPersaingan bidang usaha di Indonesia sudah terjadi sejak pasar berjalan. Kekuatan ekonomi pasar mengalami kondisi yang tidak stabil akibat terjadinya sistem monopoli perdagangan. Perkembangan industri sektor ekonomi digital menimbulkan berbagai tantangan salah satunya yakni berupa munculnya potensi praktek monopoli yang terjadi akibat penetrasi pasar yang sangat tinggi. Dengan adanya peningkatan perilaku digital salah satunya yaitu e-commerce yang mendorong untuk memperluas konsumen online maka timbul dampak bagi UMKM dalam pasar (UMKM Konvensional). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hukum monopoli perdagangan yang dilakuakan e-commerce terhadap UMKM Konvensional dan menjelaskan bagaimana pengaturan hukum mengenai monopoli perdagangan yang dilakukan e-commerce terhadap UMKM. Penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian hukum normatif yang dilakukan dengan metode pencatatan dan pengkajian berdasarkan bahan–bahan hukum. Data diperoleh dengan cara mengumpulkan informasi melalui buku–buku ilmu hukum tanpa melenceng dari hukum positif demi merangkai sebuah kesimpulan, oleh karena itu yang mejadi sumber data ialah data primer dam sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukan identifikasi monopoli perdagangan yang dilakukan e-commerce terhadap UMKM serta dampaknya terhadap perkembangan UMKM.en_US
dc.subjectMonopoli perdagangan,en_US
dc.subjectE-commerce,en_US
dc.subjectUMKM,en_US
dc.titleANALISIS YURIDIS MONOPOLI PERDAGANGAN TERHADAP UMKM KONVENSIONAL OLEH E-COMMERCE (DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 5 TAHUN 1999 TENTANG LARANGAN PRAKTEK MONOPOLI DAN PERSAINGAN USAHA TIDAK SEHAT)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record