PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA AVANZA DI KOTA MEDAN
Abstract
Penelitian ini menganalisis pengaruh Pengaruh Kualitas Produk Dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza Di Kota Medan. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah : 1) Bagaimana pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian mobil Toyota Avanza di Kota Medan?. 2) Bagaimana pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian mobil Toyota Avanza di Kota Medan?. 3) Bagaimana pengaruh kualitas produk dan ekuitas merek terhadap keputusan pembelian mobil Toyota Avanza di Kota Medan?. Maka tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian mobil Toyota Avanza di Kota Medan. 2) Untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian mobil Toyota Avanza di Kota Medan. 3) Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan ekuitas merek secara simultan terhadap keputusan pembelian mobil Toyota Avanza di Kota Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah seluruh pengguna Toyota Avanza di Kota Medan yang tidak diketahui jumlahnya. sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang sudah pernah membeli Toyota Avanza dengan jumlah sebanyak 100 orang. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Kualitas produk (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) Mobil Toyota Avanza Di Kota Medan. Hal ini dilihat dari hasil uji regresi nilai koefisien regresi dengan arah positif sebesar 0,586. Hasil uji t = 2.730 dengan probabilitas sebesar 0,001. 2) Ekuitas Merek (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) Mobil Toyota Avanza Di Kota Medan. Hal ini dilihat dari hasil uji regresi nilai koefisien regresi dengan arah positif sebesar 0,790. Hasil uji t = 3,744 dengan probabilitas sebesar 0,000. 3) Kualitas produk dan ekuitas merek secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) Mobil Toyota Avanza Di Kota Medan. Hal ini dilihat dari nilai statistic F hitung ( 36.041 > 3,09) dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. 4). Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi nilai R-square sebesar 0,727 (72,7%). Hal tersebut memiliki arti bahwa kemampuan kualitas produk dan ekuitas merek dalam penelitian ini mampu menjelaskan variabel keputusan pembelian sebesar 72.7%.
Collections
- Manajemen [1151]