PENGARUH ATRIBUT PRODUK WISATA DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA KAWASAN TAMAN WISATA IMAN SITINJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh atribut produk wisata dan electronic word of mouth (e-wom) terhadap keputusan berkunjung pada Kawasan Taman Wisata Iman Sitinjo. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang sudah pernah berkunjung ke Taman Wisata Iman Sitinjo dengan sampel sebanyak 90 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan puporsive sampling. Hasil uji regresi berganda menunjukkan bahwa Atribut produk wisata berpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung dengan koefisien regresi sebesar 0,289. Variabel electronic word of mouth (e-wom) berpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung, dengan koefisien regresi sebesar 0,193
Berdasarkan uji t (parsial) atribut produk wisata berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung, karena nilai thitung = 2,859 > ttabel = 1,987. Variabel electronic word of mouth (e-wom) berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung, karena nilai thitung = 2,939 > t tabel = 1,987 Hasil uji simultan (uji-F) variabel atribut produk wisata dan electronic word of mouth (e-wom) secara bersama sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan Fhitung = 10,595 > Ftabel = 3,949. Selanjutnya koefisien determinasi (R2) sebesar = 53,5% yang berarti atribut produk wisata dan electronic word of mouth (e-wom) dapat menjelaskan variasi nilai keputusan berkunjung sebesar 53,5%. Sisanya sebesar 46,5% dipengaruhi oleh variabel bebas lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Collections
- Manajemen [1151]