PERBEDAAN SELF REGULATED LEARNING STRATEGIES PADA MAHASISWA YANG MENGIKUTI DAN YANG TIDAK MENGIKUTI ORGANISASI KEMAHASISWAAN DI UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah dalam melihat perbedaan self regulated learning strategies pada mahasiswa yang mengikuti dan tidak mengikuti kegiatan organisasi kemahasiswaan di Universitas HKBP Nommensen Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan subjek penelitian yang terdiri dari 130 mahasiswa yang mengikuti organisasi kemahasiswaan dan 130 mahasiswa yang tidak mengikuti organisasi kemahasiswaan. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan skala self regulated learning strategies oleh Zimmerman (1989). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan self regukated learning strategies denga Hasil independent sample t-test diperoleh Sig (2-tailed) = 0.019 dimana jika signifikansi (2-tailed) < 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan, dimana hasil mean pada subjek yang mengikuti organisasi kemahasiswaan sebesar 182.83 sedangkan hasil mean pada subjek yang tidak mengikuti organisasi kemahasiswaan sebesar 176.19. Sehingga dapat disimpulkan bahwa self regulated learning strategies pada mahasiswa yang mengikuti organisasi kemahasiswaan lebih tinggi daripada self regulated learning strategies pada mahasiswa yang tidak mengikuti organisasi kemahasiswaan di Universitas HKBP Nommensen Medan.
Collections
- Ilmu Psikologi [244]