• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING: THINK PAIR SHARE PADA MATERI TEKANAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK

    Thumbnail
    View/Open
    ERLIN JUNIARTI MANULLANG.pdf (318.9Kb)
    Date
    2024-01-23
    Author
    MANULLANG, ERLIN JUNIARTI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Learning tipe Think Pair Share pada materi tekanan terhadap kemampuan pemecahan peserta didik kelas VIII Smp Negeri 12 Medan. Metode penelitian yang digunakan ialah quasi experimental desain. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen yaitu kelas VIII-9 dan kelas kontrol yaitu VIII-8. Kelas eksperimen diberi perlakuan Cooperative Learning tipe Think Pair Share sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran konvensional. Instrument penelitian menggunakan observasi dan soal dalam bentuk essay yang telah di uji normalitas dan homogenitasnya. Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa thitung = 7,98 dan ttabel = 1,67, thitung > ttabel maka hasil hipotesis Ha diterima. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari perlakuan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik di Smp Negeri 12 Medan. Model Cooperative Learning tipe Think Pair Share diharapkan mampu membantu guru memenuhi kebutuhan belajar peserta didik.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/10050
    Collections
    • Pendidikan Fisika [122]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback