dc.contributor.author | MANULLANG, ERLIN JUNIARTI | |
dc.date.accessioned | 2024-01-23T07:08:46Z | |
dc.date.available | 2024-01-23T07:08:46Z | |
dc.date.issued | 2024-01-23 | |
dc.identifier.uri | https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/10050 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Learning tipe Think Pair Share pada materi tekanan terhadap kemampuan pemecahan peserta didik kelas VIII Smp Negeri 12 Medan. Metode penelitian yang digunakan ialah quasi experimental desain. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen yaitu kelas VIII-9 dan kelas kontrol yaitu VIII-8. Kelas eksperimen diberi perlakuan Cooperative Learning tipe Think Pair Share sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran konvensional. Instrument penelitian menggunakan observasi dan soal dalam bentuk essay yang telah di uji normalitas dan homogenitasnya. Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa thitung = 7,98 dan ttabel = 1,67, thitung > ttabel maka hasil hipotesis Ha diterima. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari perlakuan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik di Smp Negeri 12 Medan. Model Cooperative Learning tipe Think Pair Share diharapkan mampu membantu guru memenuhi kebutuhan belajar peserta didik. | en_US |
dc.subject | Cooperative Learning, | en_US |
dc.subject | Think pair share, | en_US |
dc.subject | Kemampuan pemecahan masalah | en_US |
dc.title | PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING: THINK PAIR SHARE PADA MATERI TEKANAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK | en_US |