Show simple item record

dc.contributor.authorMANULLANG, ERLIN JUNIARTI
dc.date.accessioned2024-01-23T07:08:46Z
dc.date.available2024-01-23T07:08:46Z
dc.date.issued2024-01-23
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/10050
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Learning tipe Think Pair Share pada materi tekanan terhadap kemampuan pemecahan peserta didik kelas VIII Smp Negeri 12 Medan. Metode penelitian yang digunakan ialah quasi experimental desain. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen yaitu kelas VIII-9 dan kelas kontrol yaitu VIII-8. Kelas eksperimen diberi perlakuan Cooperative Learning tipe Think Pair Share sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran konvensional. Instrument penelitian menggunakan observasi dan soal dalam bentuk essay yang telah di uji normalitas dan homogenitasnya. Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa thitung = 7,98 dan ttabel = 1,67, thitung > ttabel maka hasil hipotesis Ha diterima. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari perlakuan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik di Smp Negeri 12 Medan. Model Cooperative Learning tipe Think Pair Share diharapkan mampu membantu guru memenuhi kebutuhan belajar peserta didik.en_US
dc.subjectCooperative Learning,en_US
dc.subjectThink pair share,en_US
dc.subjectKemampuan pemecahan masalahen_US
dc.titlePENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING: THINK PAIR SHARE PADA MATERI TEKANAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIKen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record