Pengaruh Rating dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Fashion Melalui Shopee Di Kota Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh rating dan online customer review terhadap keputusan pembelian pakaian fashion melalui Shopee di Kota Medan. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Medan dan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rating dan online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pakaian fashion melalui Shopee di Kota Medan.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan menggunakan regresi linier berganda yaitu Y = 4,397 + 0,430X1 + 0,238X2 yang menunjukan bahwa variabel rating dan online customer review berpengaruh terhadap keputusan pembelian pakaian fashion. Berdasarkan Uji t, diketahui bahwa rating dan online customer review masing-masing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pakaian fashion. Selanjutnya berdasarkan Uji F, rating dan online customer review secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,435 yang berarti kedua variabel bebas dapat menjelaskan variasi variabel terikat sebesar 43,5%. Sisanya 56,5%
dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Collections
- Manajemen [1151]