• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH DISCOVERY LEARNING BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATA PELAJARAN IPA

    Thumbnail
    View/Open
    NOVA YANTI ANDRIANI SINAGA.pdf (585.3Kb)
    Date
    2022-11-14
    Author
    SINAGA, NOVA YANTI ANDRIANI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning berbasis eksperimen terhadap keterampilan proses sains dan untuk mengetahui keterampilan proses sains yang tidak menggunakan model discovery learning berbasis eksperimen pada mata pelajaran IPA pada materi getaran dan gelombang kelas VIII semester II SMP Parulian 3 Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan jenis pra eksperimen dimana desainnya memiliki kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen akan diberikan perlakuan yaitu model Discovery Learning berbasis Eksperimen sedangkan pada kelompok kontrol diberika perlakuan menggunakan metode konvensional. Pada penelitian ini digunakan desain penelitian Static Group Comaparasion Design dan yang menjadi populasi yaitu kelas VII SMP Parulian 3 Medan dengan teknik pengambilan sampel yakni convinance samplingg. Hasil penelitian Nilai Pretest peserta didik kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 30,48 dengan standar deviasi 78,92 dan pada kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 30,34 dengan standar deviasi 78,45. Berdasarkan hasil perhitungan hipotesis uji t dua pihak diperoleh t_hitung = 0,064 dan t_tabel = 1,84 maka t_hitung< t_tabel = ( 0,064 < 1,84 ) sehingga dapat disimpukan bahwa kemampuan awal peserta didik pada kelas eskperimen sama dengan kemampuan awal peserta didik pada kelas kontrol sebelum diberikan perlakuan. Nilai posttest peserta didik pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 63,87 dengan standar deviasi 4128,57.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7617
    Collections
    • Pendidikan Fisika [122]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback