Show simple item record

dc.contributor.authorSINAGA, NOVA YANTI ANDRIANI
dc.date.accessioned2022-11-14T05:12:17Z
dc.date.available2022-11-14T05:12:17Z
dc.date.issued2022-11-14
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7617
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning berbasis eksperimen terhadap keterampilan proses sains dan untuk mengetahui keterampilan proses sains yang tidak menggunakan model discovery learning berbasis eksperimen pada mata pelajaran IPA pada materi getaran dan gelombang kelas VIII semester II SMP Parulian 3 Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan jenis pra eksperimen dimana desainnya memiliki kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen akan diberikan perlakuan yaitu model Discovery Learning berbasis Eksperimen sedangkan pada kelompok kontrol diberika perlakuan menggunakan metode konvensional. Pada penelitian ini digunakan desain penelitian Static Group Comaparasion Design dan yang menjadi populasi yaitu kelas VII SMP Parulian 3 Medan dengan teknik pengambilan sampel yakni convinance samplingg. Hasil penelitian Nilai Pretest peserta didik kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 30,48 dengan standar deviasi 78,92 dan pada kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 30,34 dengan standar deviasi 78,45. Berdasarkan hasil perhitungan hipotesis uji t dua pihak diperoleh t_hitung = 0,064 dan t_tabel = 1,84 maka t_hitung< t_tabel = ( 0,064 < 1,84 ) sehingga dapat disimpukan bahwa kemampuan awal peserta didik pada kelas eskperimen sama dengan kemampuan awal peserta didik pada kelas kontrol sebelum diberikan perlakuan. Nilai posttest peserta didik pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 63,87 dengan standar deviasi 4128,57.en_US
dc.subjectDiscovery Learning,en_US
dc.subjectGetaran,en_US
dc.subjectGelombang Eksperimen,en_US
dc.subjectKeterampilan Sainsen_US
dc.titlePENGARUH DISCOVERY LEARNING BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATA PELAJARAN IPAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record